Selasa, 15 Maret 2011

postheadericon Kayu putih


pohon kayu putih.




Memiliki nama latin  Melaleuca Leucadendra L.  Berasal dari keluarga Myrtaceae (jambu-jambuan) . bagian yang biasa digunakan adalah minyak dari hasil penyulingan daun dan rantingnya yang kita kenal dengan sebutan minyak kayu putih (oleum cajuputi). Tanaman kayu putih tumbuh dengan baik di australia dan indonesia bagian timur serta utara, tapi bisa juga diusahakan ditanam di daerah yang memiliki musim kemarau yang  jelas.Kayu putih dapat tumbuh di tanah tandus, tahan panas dan dapat bertunas kembali meskipun setelah terjadi kebakaran, dapat pula tumbuh di dekat pantai di belakang hutan bakau, di tanah berawa atau membentuk hutan kecil di tanah kering atau basah.

ciri kayu putih
Ciri-ciri pohon kayu putih mempunyai tinggi berkisar antara 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung kebawah. Daunnya tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling.Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, dengan panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkal daun runcing, tepi rata dan tulang daun hampir sejajar. Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, Daun bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih.Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan. Buah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua.

Kandungan zat kimianya antara lain minyak atsiri, sineol (kayuputol), terpinol bebas atau sebagai ester dengan asam cuka, asam mentega, asam valerat, untuk minyak kayu putih kadar  sineol tidak boleh kurang dari 50% dan tidak lebih dari 65%.
Kegunaan minyak kayu putih seperti yang kita ketahui untuk obat gosok, pada sakit encok dan nyeri lain, untuk mengatasi kembung, menghangatkan badan , dan mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk, bisa juga untuk mengusir nyamuknya. Selain minyaknya bagian daunnya pun bisa digunakan sebagai anti pendarahan lambung, dan spasmolitika.


kayu putih
Di pulau buru terdapat 2 varietas kayu putih yaitu yang kayunya berwarna  merah ( harusnya jadi kayu merah kali ya hehe ^^!) daunnya agak besar, dan yang kayunya berwarna putih dan daunnya kecil. Varietas berdaun kecil-lah yang sering dibuat minyak kayu putih.

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers