Senin, 04 April 2011

postheadericon Farmakope ( pharmacopoeia)


 Kali ini kita akan membahas tentang  farmakope, farmakope merupakan salah satu buku acuan yang wajib diketahui oleh khalayak farmasi dah wajib dimiliki pelajar dibidang farmasi seperti saya ( kalo gak punya , ya minimal baca lah...).  Dengan tebal lebih dari 1000 halaman farmakope masuk kedalam jajaran buku paling tebal di rak buku saya (hehe...).Farmakope bisa dibilang sebagai kitab di dunia kefarmasian  yang dijadikan acuan untuk mencari informasi tentang obat. 

Farmakope berasal  dari bahasa latin pharmacopoeia yang diambil dari kata pharmacon ( obat ) dan poieien ( buat).Farmakope  modern berisi  penjelasan tentang standar kemurnian, kekuatan , kualitas , dan analisa obat.  Farmakope lama selain memuat informasi tersebut  juga memuat  tentang informasi obat yaitu kegunaan obat dalam terapi.

Farmakope adalah buku resmi yang diterbitkan oleh  pemerintah  kecuali United States of Pharmacopoeia (USP) yang diterbitkan sejak tahun 1820 merupakan buku yang diterbitkan oleh  swasta namun diakui oleh pemerintah. Beberapa negara menerbitkan farmakopenya sendiri, namun ada juga farmakope yang dipakai oleh wilayah regional seperti  farmakope eropa (European Pharmacopoeia) yang dijadikan acuan oleh negara- negara eropa.  Bagi negara yang tidak memiliki farmakope sendiri biasanya mengacu pada farmakope negara lain. WHO juga menerbitkan farmakope internasional sebagai anjuran untuk panitia nasional untuk memodifikasi farmakopenya.

Menurut definisi  farmakope adalah buku standar obat yang dikeluarkan oleh badan resmi pemerintah yang menguraikan bahan obat-obatan, bahan kimia dalam obat dan sifatnya, khasiat obat dan dosis yang dilazimkan.

FI ed IV
 Di indonesia sendiri,saat ini baru sampai pada edisi IV. Farmakope edisi I terbit pada  20 Mei 1962, edisi II terbit pada 20 Mei 1965, edisi  III terbit pada 9 Oktober 1979, dan edisi IV terbit pada 5 Desember 1995. Disamping  Farmakope , pemerintah indonesia  juga menerbitkan buku lainnya seperti Formularium Nasional (Fornas). Farmakope Indonesia sering disingkat  menjadi FI. Di farmakope Indonesia edisi IV terdapat beberapa revisi dari farmakope indonesia III, dan juga ada beberapa hal yang terdapat di farmakope indonesia III  namun dihilangkan di farmakope indonesia edisi  IV antar lain daftar  dosis maksimal (DM). jadi kalau butuh referensi tentang dosis maksimal kita harus melihatnya di Farmakope indonesia edisi  III.


Oke, sekian dulu pembahasan tentang farmakope, semoga saja  pemerintah indonesia segera menerbitkan farmakope edisi  V.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

kl edisi 5, terbitnya kapan ya? mana yg lebih baik, 4 atau 5? makasih

purwanti mengatakan...

setahu saya, sampai saat ini farmakope yang terbaru, dan masih berlaku adalah edisi IV yang terbit tahun 1995. dan saya juga kurang tahu kapan edisi V akan terbit. Tapi jika edisi v sudah terbit tentunya lebih baik menggunakan edisi yang terbaru karena informasinya lebih up date.

Anonim mengatakan...

buku farmakope edisi IV bisa dibelinya dimana ya..??saya lagi butuh buku itu nih..udah nyari kemana2 gak ada..

purwanti mengatakan...

kalo saya beli waktu masih duduk di sekolah menengah farmasi ( ada fasilitas dari sekolah ). tapi di bandung buku ini juga dijual kok di pasar buku. tapi kalau anda ada dilingkungan sekolah atau perguruan tinggi farmasi, saya rasa tidak sulit mendapatkannya.

Anonim mengatakan...

Ibu Purwanti yth.
Cucu saya saat ini sedang belajar di SMK farmasi swasta di Pati (kota kecil di Jawa Tengah) membutuhkan Buku FARMAKOPPEE BELANDA Edisi 5. Saya berusaha ke-mana2 tujuh keliling hampir setiap toko buku, malahan ditertawakan selalu dan dijawab itu buku zaman penjajahusan belanda dulu dan disarankan kalau mungkin msh ada ya harus ke negeri Belanda sana.
Untuk itu mhn dng sangat .bantuan ibu Purwanti beserta teman2 ibu, dimana saya bisa memperoleh/membeli buku tsb.


purwanti mengatakan...

kalo farmakope belanda,, itu memang buku lama,.. jadi pustakanya juga jarang dipakai. Mungkin kalau butuh pustaka bisa cari-cari di perpustakaan. Kalau tempat jual, saya sendiri kurang tau. Di indonesia sendiri yang biasa dipakai farmakope Indonesia 5, , gitu buu
Kalau yang dibutuhkan pustaka luar negeri, yang terbaru bisa dipakai farmakope amerika, atau inggris.

Search

Memuat...
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Laman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
mahasiswi universitas farmasi,yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers