Senin, 28 Maret 2011

postheadericon Taksonomi tumbuhan







 Taksonomi tumbuhan adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari  tentang klasifikasi dan penamaan tumbuhan. Tumbuhan memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan kita antara lain untuk bahan pangan,sandang,papan, bahan bangunan, dan obat, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengenali tumbuhan.
Tumbuhan memiliki organ vegetatif ( akar,batang,dan daun), juga organ generatif ( bunga,buah,dan biji) ciri khas tumbuhan adalah mampu memproduksi makanannya sendiri juga mensuplai makanan untuk makhluk hidup lain dengan cara berfotosintesis, tumbuhan mempunyai dinding sel, dan selnya eukariot.

  •  Azas-azas taksonomi 
1.       Pencirian dan identifikasi
2.       Penamaan
3.       Penggolongan
4.       Mengamati jalannya evolusi


Pencirian dan identifikasi

Ciri taksonomi adalah setiap atribut yang dimiliki oleh makhluk hidup seperti bentuk, struktur yang dianggap terpisah dari makhluk hidup secara keseluruhan. Ciri adalah sesuatu yang melekat pada diri makhluk hidup.
Sifat ciri taksonomi adalah kondisi atau ekspresi dari ciri taksonomi ( sesuata yang menjelaskan ciri /kondisi ekspresi)
1. Macam ciri taksonomi
  1. 1.       Morfologi ( struktur luar)
  2. 2.       Anatomi (struktur dalam)
  3. 3.       Palinologi (serbuksari)
  4. 4.       Sitologi (se- sel)
  5. 5.       Genetika ( gen)
  6. 6.       Embriologi (embrio)
  7. 7.       Fisiologi ( fungsi organ)
  8. 8.       Kimia ( kandungan zat kimia )
  9. 9.       Ekologi (habitat)
  10. 10.   Molekuler / sekuan DNA
Yang paling mudah diamati adalah ciri morfologi sedangkan yang paling banyak menyumbangkan informasi ciri adalah sekuen DNA
Ciri taksonomi terdiri dari ciri kuantitatif ( yang bisa dihitung ) atau ciri yang dinytakan dengan angka , misal: panjang daun,jumlah putik, jumlah ruas , dsb. Dan ciri kualitatif ( tidak bisa dihitung) atau ciri yang tidak dapat dinyatakan dengan angka, misal: bentuk daun, warna  mahkota, dsb.
Identifikasi  tumbuhan adalah proses mengenal  tumbuhan  dari ciri- ciri yang telah diamati untuk kemudian  menentukan nama tumbuhan yang benar  dan  penempatan  yang tepat dalam sistem klasifikasi.

Penamaan
·         Nama adalah sesuatau yang mutlak perlu untuk menyebutkan apa yang di maksud.
·         Tatanama tumbuhan = nomenclatur harus sesuai dengan kode internasional  tatanama tumbuhan.
·         Satu tumbuhan memiliki satu nama yang benar dan tepat dalam sistem klasifikasi.
Tumbuhan harus diklasifikasikan  agar mudah dan teratur , untuk mengatur memory kita dalam mengingat nama tumbuhan, pusat menyimpan informasi, bermanfaat dalam identifikasi, untuk menggambarkan jauh dekatnya hubungan kekerabatan satu tumbuhan dengan yang lainnya, sebagai alat prediksi.

Penggolongan
Proses pengelompokan tumbuhan sesuai engan kesamaan ciri-ciri  dan sifat yang dimiliki. Biasanya tumbuhan yang memiliki kemiripan ciri fisik dan atau sifat berasal dari kelompok / golongan yang sama.dalam penggolongan tumbuhan kita akan membagi  tumbuhan dalam  beberapa ordo, famili, genus dan seterusnya sesuai dengan kemiripan ciri dan sifat yang dimiliki tumbuhan tersebut.

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers