Selasa, 05 April 2011

postheadericon Sel normal yang sosial vs. Sel kanker yang asosial

proses perubahan sel normal menjadi sel kanker

Oleh- oleh dari kuliah biologi sel dan molekuler kali ini saya akan membahas sel tentang  normal yang ‘ramah pada tetangganya’ dan sel kanker yang ‘individual’dan senang berpetualang.
Yang di sebut sel normal disini adalah sel yang sehat dan tidak terdapat kelainan apapun.sedangkan sel kanker yang kita kenal adalah sel normal yang mengalami mutasi karena terpapar radiasi atau zat-zat karsinogenik yang menyababkan kerusakan pada sel ini.

sel kanker mempunyai ciri selnya selalu mengalami mitosis, variasi jumlah dan ukuran nukleus, variasi ukuran dan bentuk sel, tidak terdapat fitur selular yang khas, tidak terjadi koordinasi selular yang biasa nampak pada jaringan normal dan tidak terdapat batas jaringan yang jelas.

Sel normal memiliki membran sel yang didalamnya terdapat protein yang berfungsi untuk saling mengenal tetangga sendiri ( red: sel sejenis), hidup rukun dengan tetangga , membentuk populasi dan komunitas( teman, pacar, menikah dan punya anak...loh loh  # abaikan #).

Sangat berbeda dengan sifat sel kanker salah satu penyebab penyakit kanker yang mematikan. Sel kanker  tak mampu saling mengenal dengan sel tetangga ( duh sombongnya..) sehingga senang bertualang ke jaringan atau ke alat tubuh lainnya ( bocah petualang juga ya ^^). Oleh karena itu bagi penderita kanker harus segera diatasi agar sel kankernya tidak keburu menjalar kemana-mana sehingga sulit untuk diobati. Biasanya sih penderita kanker stadium awal tidak merasakan gejala yang berarti, namun ketika sakit sudah semakin dirasakan dan diperiksa ternyata stadiumnya sudah tinggi.

Sel normal memiliki ‘contact inhibitor’ sejenis protein yang ada pada membran sel yang bila berkontak/ terrangsang maka akan ada zat yang mencegah mereka untuk bermitosis dan berpetualang , juga membuat suatu populasi sel hidup rukun ( oleh karena itu sel-sel jantung akan tetap di jantung tidak berpindah-pindah ke kaki atau tangan atau kemana-mana ).

Berbeda juga dengan sel kanker yang nakal dan tidak bisa diam,  sel kanker tidak mempunyai contact inhibitor maka sel-selnya akan terus bermitosis dan membentuk gumpalan sel yang tidak rukun dan liar dan terus berpetulang ( entah apa yang dicarinya..)

Sel normal juga tumbuh melakukan proses membelah diri , dan kemudian mati. Namun sel kanker  tumbuh dan terus memperbanyak diri  dengan kecepatan melebihi dari sel normal dan menghindari kematiannya.
Sebenarnya Setiap orang mempunyai sel kanker di dalam tubuh. Sel-sel kanker ini tidak terlihat dalam tes standard hingga mereka berkembang biak menjadi bermilyar milyar. Ketika dokter mengatakan kepada pasien kanker bahwa tidak ada lagi sel kanker di tubuh mereka setelah perawatan, itu berarti bahwa tes yang dilakukan tidak mampu mendeteksi sel kanker karena sel kanker tersebut tidak sampai pada jumlah yang dapat diprediksi. Kanker sel terjadi antara 6 sampai 10 kali di dalam hidup manusia.Ketika kekebalan tubuh manusia kuat, sel-sel kanker akan rusak dan dicegah dari pembiakan dan pembentukan tumor.

Ketika seseorang mengidap kanker, diindikasikan orang tersebut mempunyai beragam gangguan nutrisi. Hal ini bisa disebabkan oleh factor genetik, lingkungan, makanan dan gaya hidup.Untuk menanggulangi beragam gangguan nutrisi, mengubah diet dan termasuk suplemen akan menguatkan kekebalan imun.jadi mari kita sama-sama jaga tubuh kita, jangan sampai si sel nakal mengacau di tubuh kita.

sumber:
kuliah biologi sel dam molekuler
www.wisbenbae.blogspot.com

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers