Minggu, 04 September 2011

postheadericon Uji kualitatif suatu unsur


Uji kualitatif adalah suatu pengujian yang bertujuan untuk mendeteksi keberadaan suatu unsur dalam sampel, atau bisa dibilang mendeteksi senyawa/ unsur apa saja yang ada di suatu sampel.
Dalam uji kualitatif kita bagi mejadi dua bagian besar yaitu uji kualitatif untuk kation dan anion.

a. uji kualitatif untuk kation
Untuk kation yang pertama kita lakukan adalah uji pendahuluan  terhadap sampel yang akan diperiksa, meliputi uji pendahuluan secara organoleptis , uji warna nyala,  spot test.



1. uji pendahuluan secara organoleptis meliputi pengamatan bentuk zat ( serbuk, kristal, hablur), warna zat ( biru seperti CuSo4, hijau FeCl3, merah Pb3O4 dll) , bau ( beberapa senyawa yg brbau khas seperti amonia, asam, hidrogen sulfid dll), dan sifatnya.

2, uji warna nyala , yaitu pemeriksaan sampel dengan mengamati nyala oksidasi zat, karena tiap senyawa logam akan memberikan warna nyala yang berbeda - beda.biasanya zat dibakar dengan kawat Ni crom pada nyala oksidasi. Bila dalam sampel terdapat natrium biasanya warna natrium menutupi warna nyala logam lain , hal ini dapat diatasi dengan melihat nyala melalui lapisan kaca cobalt.

 

3. uji secara spot test adalah pengujian dengan menambahkan zat - zat yang akan menghasilkan reaksi spesifik pada suatu unsur.biasanya pertama ditambahkan HCl akan menghasilkan endapan.

Untuk anion yang kita lakukan hanya uji pendahuluan dan spot test, karena uji warna nyala hanya diperuntukan untuk senyawa logam. Prosedur yang dilakukan hampir sama.uji spot test anion biasanya diawali dengan penambahan H2SO4 .


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Wr Wb,
Untuk uji ini, dimana Lab yg bisa kami hubungi? lokasi kami di Jakarta

purwanti mengatakan...

kalau untuk instansi khusus untun pengujian tersebut kebetulan saya belum pernah dengar. Pengujian tersebut merupakan uji sederhana yang saya lakukan di lab universitas. kalau memang saudara ada kepentingan unkut melakukan uji tersebut, mungkin bisa menghubungi universitas kimia atau farmasi terdekat.

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers