Senin, 08 Oktober 2012

postheadericon Temulawak

             Temulawak, udah gak asing lah buat para pecinta jamu , hehehe.... rasanya yang khas dan paitny yang ,,, ehmmm ya gitu deh, serta warna kuningnya yang mencolok. Kalo saya sih lebih kuat minum kunyit karena gak terlalu pahit ( jiakh curhat buuuu ). 

             Yuk kita kenalan lebih dekat dengan rimpang kaya khasiat yang satu ini. Temulawak atau para ilmuwan menyebutnya Curcuma xanthorrizha, ROXB . lahir dari keluarga Zingiberaceae . Rimpang ini selain dikenal dengan nama temulawak, biasa dikenal juga dengan nama koneng gede oleh masyarakat sunda atau temulabak oleh masyarakat madura. Temulawak ini banyak ditemukan di hutan  daerah tropis ( seperti indonesia tentunya ), di dataran rendah tapi masih bisa tumbuh baik sampai ketinggian 1500m dpl. juga banyak ditemukan di tanah sekitar pemukiman, terlebih lagi di tanah yang gembur.  

              Temulawak termasuk tumbuhan herba dengan batang semu yang dapat mancapai ketinggian 2 meter ( wow,, jadi yang selama ini aku liat termasuk berukuran pendek yah.. ). Daunnya lebar dan pada setiap helaian dihubungkan oleh pelepah dengan tangkai yang agak panjang. Temulawak memiliki bunga majemuk yang unik. Rimpangnya banyak digunakan sebagai obat , beraroma khas dan daging buahnya berwarna kuning sampai jingga.

             Kandungan kimia dari rimpang temulawak antara lain: felandren dan tumerol ( minyak menguap), minyak atsiri, kamfer, glukosida, karbinol, dan kurkuminoid. Kurkumin yang terkandung dalam rimpang temulawak dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati jerawat, antiinflamasi, dan anti-hepatotoksik. Sedangkan sari temulawak secara umum dipercaya dapat mengobati penyakit limpa, hati,ginjal, sakit pinggang, asma, maag, untuk penambah nafsu makan , dll. Temulawak juga diduga memiliki potensi sebagai obat kolesterol, dan memiliki aktivitas antibakteri.

 Sumber : iptek.net.id/
               google.com/

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers