Jumat, 17 Februari 2012

postheadericon Pengobatan diare

    Pertolongan pertama pada penderita diare adalah dengan mengatasi dehidrasinya, karena saat diare tubuh kehilangan banyak cairan tubuh. Bila dengan pemberian cairan tubuh, diare tidak kunjung mereda bisa diberikan terapi dengan mempertimbangkan penyebab diare. Berikut obat - obat yang dapat digunakan untuk mengobati diare.

1. larutan elektrolit, untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan mengganti cairan tubuh yang keluar dapat diberikan oralit, atau larutan gula-garam (1/4 : 1 sendokteh dalam 1 gelas air)
2. kemoterapeutik untuk terapi kausal yaitu memberantas bakteri penyebab diare, bisa diberikan obat golongan antibiotik, sulfonamid, furazolidin,  dan kliokinol ( harus dengan anjuran dokter)

3. obstipansia untuk terapi simptomatis, dapat terbagi lagi menjadi :
a. zat - zat pengurang peristaltik  seperti loperamid, dan fenoksilat
b. adstringensia seperti tanalbumin
c. adsorbensi untuk menyerap racun seperti arang aktiv, atapulgite
d. mucilago seperti kaolin dan pectin

4. spasmolitika untuk melemaskan otot perut yang kejang sehingga menyebabkan nyeri perut saat diare, bisa diberikan extr. beladon , atau hyosine n-butilbromid.

5. suplemen , biasanya pengobatan diare terutama pada disertai dengan pemberian suplemen agar anak tidak lemas , misalnya asupan zinc




    Secara empiris, banyak juga obat tradisional yang dipercaya dapat mengobati diare seperti daun jambu biji, air kelapa (sebagai cairan elektrolit), air teh pahit, well... ini tergantung kepercayaan sih, ada yang lebih percaya obat tradisional ada juga yang lebih percaya obat modern. yang paling penting jika pengobatan diare ini tidak menunjukan hasil yang baik segera bawa penderita ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.
Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers