Jumat, 17 Februari 2012

postheadericon dehidrasi dan tanda - tandanya

    Air merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh, seperti yang kita tahu bahwa 70% tubuh kita tersusun dari cairan, maka kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan yang berupa dehidrasi. Kalau denger kata dehidrasi kadang langsung terbayang adegan film ketika pemerannya terdampar di gurun yang sangat panas dan tidak ada air untuk minum, hingga mengalami fatamorgana seakan - akan menemukan sebuah oase. 


     Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan atau air dalam tubuh . Hal ini terjadi karena tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan  namun kurang mendapat asupan cairan. Hal ini juga menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, oleh karena itu disarankan asupan cairan merupakan cairan elektrolit ( seperti oralit).Dehidrasi dapat terjadi karena tubuh kekurangan natrium,air, atau kekurangan keduanya.


     Berdasarkan hilangnya cairan tubuh, dehidrasi dogolongkan menjadi 3 macam yaitu dehidrasi ringan bila penurunan cairan tubuh 5 % dari berat badan, dehidrasi sedang bila penurunan cairan tubuh 6-10% dari berat badan, dan bila penurunan lebih dari 10% dari berat badan sudah bisa dikategorikan dengan dehidrasi berat.




    walaupun merupakan akibat dari kekurangan cairan, dehidrasi tidak bisa disepelekan karena selain mengganggu keseimbangan dalam tubuh, untuk tingkat yang lebih berat dehidrasi dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran seseorang, koma, bahkan meninggal dunia.


    Jadi sangat benar sekali anjuran untuk minum minimal 2L air dalam sehari. Jadi untuk yang belum punya kebiasaan baik ini, bisa mulai dari sekarang. Oke.. berikut ini tanda - tanda dehidrasi.


1. membran mukosa kering (mulut kering dan lidah bengkak, air mata kering)
salah satu tanda dehidrasi, penuruna elastisitas kulit
2. urine berwarna kuning pekat ( namun hal ini bukan suatu tanda dehidrasi bila anda mengkonsumsi vit B komplek)
3. sembelit 
4. elastisitas kulit menurun 
5. jantung berdebar karena penurunan aliran darah dan jumlah elektrolit dalam tubuh
6. kram otot atau kejang otot
7. pusing
8. badan terasa lelah dan lemas
9. merasa malas minum
10. badan selalu terasa kepanasan
11. mata cekung
12. kesadaran menurun


 Untuk dehidrasi ringan masih bisa diatasi dengan minum air sebanyak banyaknya, bila perlu minuman yang mengandung elektrolit, bisa oralit, air kelapa, atau larutan gula-garam yang dapat dibuat sendiri. namun bila hal itu tidak berhasil, penderita harus segera diberi cairan melalui infus. Untuk tindakan pencegahan hendaknya segera minum bila terasa haus. Dan biasakan minum segelas air ketika bangun tidur.


sumber : wikipedia
http://farmakologi-herbal.blogspot.com/2009/06/penanganan-dehidrasi.html

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers