Senin, 28 Maret 2011

postheadericon Biologi sel dan molekuler




Banyak cabang-cabang ilmu yang dipelajari dalam biologi salah satunya yang mempelajari tentang sel. Cabang ilmu dalm biologi yang pertama kali mempelajari tentang sel adalah sitologi (cytologi).

Definisi dari sitologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari stuktur dan aktivitas sel. Sel merupakan unit terkecil yang menunjukan semua sifat yang dihubungkan dengan kehidupan, harus memperoleh energi dari luar sebagai bahan untuk melakukan berbagai proses vitalnya seperti tumbuh, regenerasi dan reproduksi.
Sejak ditemukan mikroskop elektron, mulai dilakukan perluasan dari cabang ilmu sitologi  yaitu biologi sel.

Biologi sel adalah ilmu yang mempelajari semua proses kehidupan yang ada di dalam sel (Stansfield dkk., 2003)
Dengan kecanggihan tekhnologi saat ini kita tidak hanya bisa mempelajari makhluk hidup  dari tingkat sel saja namun kita sudah bisa mempelajari makhluk hidup dari bentuk dan susunan juga kedudukan molekul-molekul yang menyusun sel sebagai suatu kesatuan.
Pertama kali diperkenalkan  dan digunakan oleh William Astbury pada tahun 1945 Biologi Molekuler digunakan untuk mempelajari struktur kimia dan fisika makromolekul biologis.
william astbury
Definisi  biologi molekuler  adalah ilmu yang mempelajari organisasi, aktivitas dan regulasi gen pada level molekul.
Dengan adanya perkembangan biologi medern, cakupan biologi molekuler kini tidak hanya sebatas mempelajari struktur kimia dan fisika, tapi juga fungsi dan organisasi makromolekul tersebut dalam organisme serta interaksi antar komponen seluler.
Perkembangan biologi  molekuler juga terkait dengan cabang ilmu lain seperti biologi sel, genetik, biofisika, dan kimia organik. Begitupun sebaliknya studi aspek molekuler fenomena biologi juga mendukung perkembangan cabang ilmu lain, contohnya :
-          Hubungan biologi molekuler dengan fisiologi, dalam ilmu fisiologi sel atau imunologi kita belajar tentang antigen dan antibodi namun mekanisme molekuler (ekspresi gen) yang mengarah  pada pembentukan antibodi merupakan bagian dari ilmu biologi molekuler.
-          Hubungan biologi molekuler dengan biokimia, dalam ilmu biokimia kita mempelajari  reaksi-reaksi kimia di dalam organisme mencangkup hubungan antar reaktan dan hasil reaksi. Namun keseimbangan reaksi biokimia dapat dipengaruhi oleh perubahan ekspresi gen yang mengkode sintesis enzim-enzim yang berperan dalam reaksi biokimia dan hal tersebut dibahas dalam biologi molekuler.
-          Hubungan biologi molekuler dan genetika, beberapa aspek biologi yang dipelajari secara khusus dipelajari dalam biologi molekuler antara lain bahan genetik dan proses sintesis protein. Proses sintesis tergantung  pada informasi yang ada pada bahan genetik , sebaliknya replikasi bhan genetik juga tergantung pada aktivitas bermacam protein. Pengaturan ekspresi genetik merupakan aspek biologi molekuler yang sangat penting karena hal ini berkaitan denag banyak fenomena biologis.
Jadi secara umum definisi dari biologi sel dan molekuler adalah ilmu-ilmu yang mempelajari semua proses kehidupan di dalam sel pda tingkat molekuler (Stansfield dkk., 2003)
Untuk mempelajari ilmu-ilmu ini memanfaatkan pengetahuan dari sejumlah disiplin ilmu seperti sitologi, biokimia, genetika, mikrobiologi, embriologi, dan evolusi.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya ingin bertanya..literatur ap yg bagus dan mudah dimengerti untuk mata kuliah biologi molekuler??
trims..

purwanti mengatakan...

mohon maaf saya tidak bisa membantu, berhubung saya hanya belajar biologi sel dan molekuler selama satu semester, dan itupun hanya hal yang mendasar yang saya pelajari. itu semua saya dapat dari slide kuliah dosen saya hehe...

purwanti mengatakan...

mungkin bisa dicoba Biologi sel dan molekuler karya William D. Stansfield (2003)

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers