Jumat, 01 April 2011

postheadericon meniran

Meniran memiliki nama latin Phylanthus urinaria, Linn berasal dari keluarga Euphorbiaceae memiliki man Sinonim Phylanthus alatus, Bl. P. cantonensis, Hornem. P. echinatus, Wall. P. lepidocarpus, Sieb.et Zucc P. leprocarpus, Wight. , phylanthus niruri. Tanaman ini mulai dikenal masyarakat luas setelah sebuah produk suplemen imunomodulator beredar. memang tidak banyak orang mengetahui khasiat tanaman ini, walaupun mungkin banyak orang yang tahu wujud tanaman ini, tidak heran karena tanaman ini tumbuh sebagai tanaman liar yang biasanya kita temui di pinggiran jalan atau tumbuh diantara semak-semak di halaman rumah.


Tidak banyak orang yang tahu tanaman mungil ini berkhasiat juga sebagai tanaman obat. dengan kandungan zat kimia flavonoid, Zat Filantin , Kalium, Zat Penyamak, Mineral, Damar .Meniran dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang terkait dengan saluran empedu dan berkhasiat menurunkan jumlah virus hepatitis B yang ditemukan dalam darah, mengobati Sakit kuning (lever), Malaria, Demam, Ayan, Batuk, Haid lebih, Disentri, Luka bakar, Luka koreng, Jerawat, dan yang terakhir marak adalah khasiat meniran sebagai Imunomodulator yang berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). Dengan demikian, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal sehingga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya.( DR Suprapto Ma'at MS Apoteker)


 Sebagai imunomodulator, meniran tidak semata-mata berefek meningkatkan sistem imun, namun juga menekan sistem imun apabila aktivitasnya berlebihan. Jika aktivitas sistem imun berkurang, maka kandungan flavonoid dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel untuk meningkatkan aktivitasnya. Sebaliknya jika sistem imun kerjanya berlebihan, maka meniran berkhasiat dalam mengurangi kerja sistem imun tersebut. Jadi, meniran berfungsi sebagai penyeimbang sistem imun.


meniran mempunyai sebutan yang berbeda di seiap daerah antara lain
Child pick a back (Inggris), Kilanelli (India), Meniran (Jawa); Zhen chu cao, Ye xia zhu (Cina), Gasau madungi (Ternate).

morfologi meniran
Morfologi Meniran :
 Batang : Berbentuk bulat berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm.
 Daun : Mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong.
 Bunga : Terdapat pada ketiak daun menghadap kearah bawah.
 Syarat Tumbuh : Meniran tumbuhan berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di Hutan-hutan, ladang-ladang, Kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur ditempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. rasanya pahit (seperti kebanyakan jamu lainnya) . Tpi tenang bagi yang tidak suka atau tidak bisa mengkonsumsi jamu, sekarang meniran telah tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup.





0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers