Sabtu, 23 April 2011

postheadericon Salep (unguentum)


Menurut  farmakope Indonesia ed. IV yang dimaksud dengan salep adalah sediaan setengah padat yang ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir.
Bahan aktiv harus larut dan terdispersi dalam dasar salep yang cocok Untuk mencapai hasil yang dimaksud. Dasar salep bila tidak dinyatakan lain adalah vaselin  album, namun tergantung dari sifat bahan obat dan tujuan pemakaiannya, dasar salep yang digunakan untuk pembawa zat berkhasiat  menurut di FI ed. IV ada 4 kelompok yaitu:



1. Dasar salep senyawa hidrokarbon, dikenal juga dengan dasar salep berlemak  oleh karena itu hanya sejumlah kecil komponen berair yang dapat dicampurkan ke dalamnya. Dasar salep ini digunakan dengan maksud memperpanjang kontak bahan obat ke kulit  dan bertindak sebagai pembalut/ penutup.banyak digunakan sebagai emolien, tidak mudah kering, sukar dicuci dan tidak tampak berubah dalam waktu lama. Antara lain: vaselin album, vaselin flavum.

2. Dasar salep serap , dibagi lagi dalam dua kelompok yaitu yang dapat bercampur dengan air membentuk emulsi air dalam minyak . contohnya parrafimun hidrofilik dan lanolinum anhidrat. Kelompok kedua yang terdiri atas emulsi air dalam lemak yang dapat bercampur dengan sejumlah air tambahan, contohnya lanolinum.
  
  3. Dasar salep yang dapat dicuci dengan air,  dasar salep jenis ini adalah emulsi minyak dalam air, dasar salep ini mudah dicuci dari kulit atau dengan lap basah sehingga lebih mudah diterima untuk dasar kosmetik. Beberapa zat juga menjadi lebih efektif bila menggunakan dasar salep ini dibanding dasar salep hidro karbon, dasar salep ini juga dapat diencerkan dengan air dan mudah menyerap cairan yang terjadi pada kelainan dermatologik . contoh dasar salep ini krim/ cremomes.

 4. Dasar salep yang larut dalam air , disebut juga dasar salep tak berlemak yang terdiri dari konstituen larut air. Memberikan banyak keuntungan seperti dasar salep  yang dapat dicuci dengan air dan tidak mengandung bahan tak larut air seperti parrafin, lanolinum. Dasar salep ini lebih tepat disebut gel.contohnya polyetilenglikol


Agar tujuan pengobatan dapat tercapai pembuatan salep harus mengikuti peraturan seperti yang tercantum pada FI ed. II ada 4 peraturan dasar pembuatan salep, yaitu :
-          Peraturan pertama
Zat-za t yang dapat laru dalam lemak, dilarutkan dulu kedalamnya. Bila perlu ddengan pemanasan.
-          Peraturan kedua
Zat- zat yang larut dalam air, jika tidak dinyatakan lain , dilarutkan dalam air asalkan jumlah air dapat diserap oleh dasar salep.jumlah air yang dipakai dikurangi dari basis salep.
-          Peraturan ketiga
Zat – zat yang sukar larut atau sebagian larut  dalam air atau lemak,  bila tidak dinyatakan lain dilarutkan dengan etanol lalu diserbukkan, kemudian di ayak dengan pengayak no.44 / B. 40
-          Peraturan keempat
Salep yang dibuat dengan jalan mencairkan, campurannya harus digerus sampai dingin.
Pemeriannya : tidak boleh berbau tengik
Kadar : bila tidak dinyatakan lain salep yang mengandung obat keras atau narkotik, kadar bahan obat adalah 10%
Homogenitas  :  Jika di oleskan pada sekeping kaca atau bahan transparan lain yang     cocok harus menunjukkan susunan yang homogen .
Penandaan        :  Pada etiket harus juga tertera " obat luar" .
salep dalam tube
wadah              : wadah tertutup baik misal, pot, atau tube




( FI ed. IV )

0 komentar:

Search

Memuat...
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Laman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
mahasiswi universitas farmasi,yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers