Jumat, 22 April 2011

postheadericon Obat dari Bahan Alam (Obat Tradisional)


                Mengingat maraknya isue “back to nature” , saat ini makin banyak orang berminat pada produk-produk dari bahan alam.Menurut penelitian masa kini obat dari bahan alam sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki beberapa keunggulan selain karena harganya yang terjangkau dan ketersediaan yang masih banyak (apalagi di Indonesia yang notabene surga untuk tanaman obat-obatan,dan rempah-rempah), efek sampingnya yang minim,banyak dicari sebagai alternatif pengobatan, karena efektif untuk penyakit seperti kanker, tumor,tekanan darah tinggi/ rendah , diabetes dan stroke. 


               Menurut WHO negara-negara di Asia, Afrika, dan amerika Latin menggunakan obat dari bahan alam abegai pelengkap pengobatan pimer yang merka terapkan.Di Afrika 80 % penduduknya menggunakan obat dari bahan alam untuk pengobatan primer.Di Indonesia sampai saat ini tercatat 40% penduduk menggunakan obat dari bahan alam yang 70% nya berada di pedesaan.

                WHO  merekomendasikan penggunaan obat dari bahan alam(obat tradisional termasuk herbal), dalam pemeliharaan kesehatan masyarakat, pencegahan, dan pengobatan penyakit terutama penyakit kronis dan penyakit degeneratif, WHO juga mendukung upaya- upaya peningkatan keamanan dan khasiat obat dari bahan alam. Pada bulan Juli tahun 2000 Mentri kesehatan RI juga mengeluarkan himbauan agar dokter menggunakan obat asli Indonesia berupa obat dari bahan alam untuk pengobatan.

                Jadi dapat kita lihat bahwa obat dari bahan alam  akan lebih banyak dikembangkan untuk pengobatan. Mengingat faktor alam indonesia yang kaya akan tanaman obat kita bisa mencari dan terus bereksplorasi dengan obat dari bahan alam, dan melakukan uji-uji yang dapat meyakinkan khalayak luas tentang khasiat dan kelayakan obat tersebut untuk dikonsumsi baik untuk, pencegahan, pengobatan penyakit atau hanya sekedar menjaga kesehatan.
               Ada tiga golongan obat dari bahan alam yaitu jamu, Obat Herbal Terstandar, dan fitofarmaka. perbedaan dari tiga jenis obat dari bahan alam tersebut antara lain dari klaim khasiat dan uji yang telah dilakukan untuk memastikan khasiat dari obat tersebut, juga standarisasinya. perbedaannya bisa dilihat pada tabel berikut :


-
jamu
Obat Herbal Terstandar
Fitofarmaka
Uji keamanan
V
V
V
Memenuhi persyaratan yang berlaku( CPOTB)
V
V
V
Klaim khasiat
empiris
Secara ilmiah
-Uji praklinis
Secara ilmiah
-Uji praklinis
- Uji klinis
Standarisasi
--
-Bahan baku
-Bahan baku
-Cara pembuatan
- Produk  jadi









“Obat Tradisional dan Fitofarmaka “, 2009, (online), (http://tukangobatbersahaja.com/2009/07/24/obat-herbal-dan-fitofarmaka/) diakses tanggal 31 desembar 2010

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers