Kamis, 14 Juli 2011

postheadericon Duh...alergi..



Pagi ini hawanya dingin banget , kok lututku gatal yah.... setelah diamati , kok ada bentol- bentol gini sih???? Waduh, apa aku alergi yah?? Kok bisa ? kan pagi ini aku belum makan apa- apa???
Ok..ok.. daripada makin banyak pertanyaan muncul, lebih baik kita coba kenali si “ alergi” ini yah ..

Alergi  atau disebut juga hipersensitivitas I adalah suatu reaksi yang berlebihan dari sistem pertahanan tubuh(imun) akibat benda asing , atau  lingkungan yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, sehingga tubuh menghasilkan antibodi  berjenis IgE . Benda/ hal yang menyebabkan alergi disebut sebagai alergen. 


Dalam keadaan alergi, sistem imun juga melawan zat yang biasanya tidak berbahaya seperti kutu debu, serbuk bunga atau obat dan menganggap zat-zat tersebut sedang berupaya menyerang tubuh. Reaksi ini beragam dari sekedar bercak merah/ bentol  gatal, mata gatal, hidung berair hingga kesulitan bernafas, mual dan diare.

Sebagian orang memiliki alergi dan bervariasi antara ringan hingga berat (dapat menimbulkan kematian). Sebagian besar reaksi alergi termasuk kategori ringan-sedang dan perawatan rumah dapat menghilangkan beberapa gejala. Reaksi alergi yang termasuk berat adalah reaksi anafilaksis atau reaksi alergi tambahan seperti perdarahan hidung, problem telinga, sesak nafas dengan mengi dan batuk.
Keadaan  alergi  juga  menjadi  penyebab  pelepasan  histamin dalam tubuh, sehingga jumlahnya dalam darah meningkat.danmenjadi penyebab timbulnya gejala alergi.
Ada beberapa jenis alergi yang sering dialami, antara lain:
a.    Alergi makanan
 Alergi makanan adalah suatu kumpulan gejala yang mengenai banyak organ dan sistem tubuh yang ditimbulkan oleh alergi terhadap makanan. Dalam beberapa kepustakaan alergi makanan dipakai untuk menyatakan suatu reaksi terhadap makanan yang dasarnya adalah reaksi hipersensitifitas tipe I dan hipersensitifitas terhadap makanan yang dasarnya adalah reaksi hipersensitifitas tipe III dan IV.Lebih sering timbul pada anak-anak.  Sekitar 7 dari setiap 100 anak memiliki alergi. Alergi makanan biasanya lebih sering timbul dari keluarga yang juga mengidap alergi dengan riwayat keluarga dengan asma dan dermatitis atopik. Pada alergi makanan, maka sistem imun tubuh berfikir bahwa makanan tertentu bersifat mengancam tubuh dan sudah menyiapkan sederetan perlawanan dengan menimbulkan reaksi alergi dari kemerahan, gatal, hidung berair hingga gangguan perut. Alergi makanan yang timbul pada saat anak, lebih besar kemungkinan hilang. Namun alergi makanan yang timbul pada saat dewasa akan dibawa terus.
b.      Alergi obat
Obat-obatan baik obat bebas maupun obat dengan resep dapat menimbulkan alergi dengan gejala yang sangat bervariasi.contohnya alergi penisilin, klordiazepoksid, dll.
Alergi sengatan serangga
Ketika disengat lebah, racun serangga akan masuk kedalam kulit sehingga normal jika timbul bengkak, kemerahan, nyeri dan gatal pada tempat yang disengat. Reaksi alergi timbul jika tubuh memberikan reaksi berlebih pada racun serangga.
Alergi musim
Alergi ini timbul pada musim-musim tertentu karena akibat serbuk sari dari pohon, bunga, dan bisa timbul karena dingin.
Jadi , bagi yang sudah tau bahwa tubuhnya memiliki alergi pada suatu hal, lebih baik berhati – hati.Seperti tetap menjaga kebersihan, menghindari makanan, benda, hewan  yang bersifat alergen . Kalau sudah terlanjur terkena alergi , bisa mengkonsumsi obat anti alergi. Dan ingat!!! Bila sakit berlanjut hubungi dokter...hehe

Putaka
http://rumahfahima.org/
http://wikipedia.com/

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers