Kamis, 28 Juli 2011

postheadericon Urang - aring


Urang aring, pasti udah pada kenal kan? Apalagi untuk kaum hawa yang senang merawat keindahan rambutnya.  Konon urang- aring mempunyai khasiat menghitamkan rambut, dan telah digunakan sejak jaman dahulukala secara turun temurun.
Tapi pada tau gak sih, seperti apa wujud  tanaman urang –aring ini ????
nah, ini nih wujud urang - aring

tanaman ini sering ditemukan tumbuh di tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, pinggir selokan, dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m. di atas permukaan laut.

identifikasi urang - aring 

Nama tanaman : Eclipta prostrata, (Linn.)
Keluarga           : Asteraceae (Compositae)
Sinonim             : Eclipta alba (L.)Hassk ,  Eclipta alba et marginata , Boiss.  , Eclipta erecta et prostratan, Linn. ,  Eclipta erecta, Linn. ,  Eclipta parcifloran Wall. ,  Eclipta philippinensis Gandog.  ,  Eclipta thermalis Bunge - Verbesina alba, Linn.
Nama Lokal      :
-         Indonesia        : urang – aring
-         Jawa                : Goman, urang aring
-         Madura           : te-lenteyan
-         Sumatra          : Daun sipat, keremak janten
-         Banda              : Daun tinta
Nama Asing                :
-         China              : Mo han lian
-         Malaysia         : daun sipat, keremak jantan
-         Inggris             : false daisy
Kandungan kimia       :  isoflavonoids,phytosterol, triterpeniod saponin(Ecliptine, AlfaTerthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2'-bithienyl-5'-methyl acetate, wedelolactone) dan tanin.


Kegunaan                   :
·         Herba urang- aring :
-          Menghentikan pendarahan pada muntah darah ( hematemesis), batuk darah (hemoptoe), mimisan (epitaksis), kencing darah (hematuria), berak darah (melena), pendarahan rahim (uretrine bleeding).
-         Hepatitis akut dan kronik, sirosis
-         Diare
-         Anak yang kurang gizi (infantile malnutrition)
-         Keputihan ( leuchorrhoe)
-         Sesak napas (asma), bronkhitis
-         Rambut memutih (ubanan) pada usia muda.
-         Neurasthenia.
-         Penghitam dan penyubur rambut


PERTELAAN URANG – ARING
Eclipta prostrata(L.) , Probably Asiatic (Stone, 1970; pp. 584-585). North and South America and the tropics of the Old World (Wagner et al., 1999; p. 309). Tropical America (Smith, 1991; pp. 274-275).
Tumbuhan terna tinggi 80 cm, rasa manis,asam. Batang : tegak, bulat, kadang pangkal berbaring, berwarna hijau kecoklatan, berambut putih yang agak kasar. Daun : tunggal, berhadapan, duduk dengan pangkal menyempit,bentuk lanset memanjang hingga bundar telur memanjang, 2–12,5 × 0,5–3,5 cm, tepi daun bergerigi atau hampir rata dan ujung runcing, kedua permukaannya berambut, parabaan agak kasar, pertulangan daun menyirip. Bunga : tergabung dalam bongkol bunga majemuk bertangkai panjang, selanjutnya 2-3 bongkol bersama-sama berkumpul di ujung (terminal) atau di ketiak. Daun pembalut dalam 2 lingkaran, panjang 5 mm, membentuk mangkuk. Bunga tepi dengan mahkota bentuk pita sempit, bergigi dua. Bunga cakram bentuk tabung, berwarna putih. Buah : keras (achene) memanjang hingga serupa baji pendek, 2 mm, berbintil-bintil, pipih, keras, dan berambut.
Habitat : tumbuh di tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, pinggir selokan, dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m. di atas permukaan laut.
Kegunaan : astringensia  , menyehatkan organ hati dan ginjal, menghentikan pendarahan (hemostatis), pereda demam (antipiretik ), antibakterial, tonik, penghitam dan penyubur rambut.

sebenernya banyak sekali tumbuhan bermanfaat di sekitar kita, dan menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk mampu mengeksplor dan memanfaatkan tumbuhan itu menjadi sesuat yang berguna untuk masyarakat banyak.


pohon urang - aring
pohon urang aring
                
bunga urang - aring





biji urang - aring






pustaka:

1.Dalimartha, setiawan, dr., “ Atlas Tumbuhan Obat indonesia jilid 4”, 2006, puspa swara : Jakarta
2. http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/, (online ), diakses tanggal 4 juni 2011
3. http://id.wikipedia.org , ( online ), diakses tanggal 4 juni 2011
4. http://www.hear.org/pier/species/eclipta_prostrata.html , (online) , diakses tanggal 23 juni 2011

5 komentar:

Mas Hery mengatakan...

urang aring berarti dr bahasa jawa dong ya?

purwanti mengatakan...

umm... dari bahasa indonesia, coba deh buka kamus besar bahasa indonesia disitu disebutkan arti dari urang aring adalah tanaman musiman yg bisa bertahan hidup tiga bulan, batangnya bulat berwarna ungu ditumbuhi bulu berwarna putih, tinggi tanaman mencapai 80 cm, daunnya berbentuk bulat telur memanjang, berujung runcing berwarna hijau tua, biasa dibuat minyak yg berkhasiat menyuburkan rambut dr kerontokan; Eclipta alba (arti)
(http://www.kamusbesar.com/59375/urang-aring)

saya menyebutkan urang - aring sebagai salah satu nama lokal di jawa karena di daerah asal saya, banyumas sana tumbuhan ini dipanggil dgn nama urnag aring aja. dan sebenernya di jawa sendiri pun bahasanya bermacam- macam, jadi bisa saja ada sebutan- sebutan lain.gitu lohh mas..

Mas Hery mengatakan...

aku sering salah antara urang aring sama lidah buaya, abisnya sering kepake sama sampoan...
eh banyumas ya? lah skrg di bdg kuliah?

purwanti mengatakan...

owh,,,lah beda toh.... lidah buaya touh, lidahnya pak buaya.. yang tebel berduri isinya lendir...ho.oh kuliah sama jd kuli jg...he ^^

Mas Hery mengatakan...

bukannya kuliah itu kuli? jgn bilang kalo kuli isinya lendir juga ya hehhee ^^

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers