Jumat, 19 Agustus 2011

postheadericon Alat pengamatan sel


Dalam mempelajari sel tentunya kita tidak bisa menggunakan tangan kosong, atau mata telanjang bukan. Berikut ini beberapa alat yang diperlukan untuk mempelajari sel.
1.       Mikroskop
2.       Peralatan mikroteknik
3.       Peralatan biakan sel
4.       Peralatan analis kimia
5.       Alat sentrifugasi

Pembahasan:
1.Mikroskop
Adalah alat yang digunakan untuk memperbesar bayangan benda, sehingga kita dapat mlihat sel yang begitu kecil dengan perbesaran yang kita inginkan. Setidaknya terdapat 2 jenis mikroskop  yaitu mikroskop cahaya   yang memamfaatkan pancaran cahaya untuk bembuat bayangan benda yang diperbesar dan mikroskop elektron yang memanfaatkan pancaran dari elektron untuk membuat bayangan benda yang diperbesar.
mikroskop cahaya
Mikroskop cahaya  dibedakan lagi menjadi 4 jenis, yaitu:
1.       Mikroskop biasa : adalah mikroskop yang biasa dipakai untuk praktikum, sumber cahaya didapat dari cahaya matahari ataupun lampu.mikroskop ini mempunyai 2 kombinasi lensa yaitu lensa objektiv dan okuler dengan perbesaran 100 – 1000 x.

2.       Mikroskop Fluoresensi : adalah mikroskop yang mempunyai sumber cahaya khusus yang didapat dari sinar UV ( ultra violet ) yang bergelombang pendek. Bila cahaya ini mengenai objek yang berbinar ( fluoresen) maka cahaya dipantulkan dengan gelombang yang lebih panjang, sehingga sel atau organel yang berbinar yang tampak, dan yang lain tidak tampak. Zat yang berbinar secara alami adalah Vitamin A, Vitamin B12 , dan porfirin.


3.       Mikroskop Fase kontras : adalah mikroskop yang cocok untuk mengamati sel hidup atau sel – sel biakan. Bagian – bagian sel yang tidak diwarnai juga masih dapat diamati dibawah mikroskop  kalau cahaya yang menuju pada objek menghasilkan pembiasan yang berbeda- beda. setiap organel memiliki index bias yang berbeda- beda, maka dapat dibedakan dibwah mikroskop ini. Pembiasan yang berbeda – beda itu dilaksanakan oleh sebuah sistem optik khusus.
 
4.       Mikroskop polarisasi : adalah mikroskop yang memeiliki prisma nicol dari kalst atau balsam , sehingga cahaya yang mengenai objek akan dipolarisasi. Namun sekarang ini prisma nicol banyk diganti oleh film polaroid. Bagian yang berhablur atau bersegi – segi dapat diamati dibawah mikroskop ini. Mikroskop ini banyak dipakai untuk pengamatan sel tulang, dinding sel tumbuhan, serat kolagen, otot, saraf, cillia, flagela, serta butir tepung dan lemak dalam sel.
mikroskop elektron

Mikroskop elektron  dibedakan menjadi 2 jenis , yaitu:
1.       Mikroskop Elektron Transmisi :  adalah mikroskop yang menggunakan pancaran elektron sebagai suber cahaya  dan perbesarannya 10.000 – 100.000x . sel atau jaringan yang dilihat berupa replika atau irisan.

2.       Mikroskop Elektron Scanning : adalah mikroskop  yang menggunakan pancaran elektron sebagai sumber cahaya , gambaran objeknya didapat secara stereometris sehingga sel atau jaringan dapat dilihat dari luar atau permukaan saja. Mikroskop ini biasanya dipakai umtuk meliha permukaan sel yang menyelaputi suatu rongga  atau saluran juga sel yang bebas seperti melihat susuna cillia, flagela, dan spermatozoa. Daya perbesarannya lebih rendah dari mikroskop elektron transmisi yaitu 1000 – 10.000x.

2.Peralatan mikroteknik
Peralatan mikrotekni yang digunakan antara lain :
1.       Mikrotom : fungsinya untuk mengiris / menyayat jaringan sampai tipiss sekali. Sampel harus diiris setipis mungkin agar tampak terang  ketika dilihat dibawah mikroskop yang disinari cahaya. Kemampuannya mengiris sampai 1-2 mikrometer. Ultra mikrotom bahkan mampu mengiris sampai 0,005 – 0,1 mikrometer.
2.       Kriostat : merupakan gabungan mikrotom dalam lemari es, sehingga objek yang diiris harus dalam bentuk es. Hasil potongan dapat dipakai untuk  sitokimia dan histokimia ( menganalisis susunan kimia sel dan jaringan ). Suhu dalam alat ini dapat diatur 5 – (-30)o C
3.       Lemari es : fungsi untuk menyimpan jaringan agar tidak rusak
4.       Oven dan inkubator : fungsi untuk mengeringkal sampel, melelehkan zat perekat ke kaca objek, juga sebagai tempat melakukan reaksi yang membutuhkan suhu diatas suhu kamar.
5.       Reagen : dipakai untuk fiksasi , dehidrasi dan pewarnaan irisan sampel.

 sSumber : diktat oleh Sayuti murad,
www.id.wikipedia.com

2 komentar:

ata haqqi mengatakan...

penjelasan Peralatan biakan sel,Peralatan analis kimi,Alat sentrifugasi bgmna ?

purwanti mengatakan...

coba di jawab yah,
2 . peralatan mikrotekhnik terdiri dari
- mikrotom : alat untuk mengiris jaringan dengan hasil irisan yang sangan tipis agar mudah diamati ari mikroskop.
- kriostat : merupakan gabungan mikrotom dan lemari es, fungsinya sama untuk mengiris jaringan, tapi alat ini dipakai untuk jaringan yang harus diiris dalam kondisi beku.
- oven, lemari es, dan inkubator.
-reagen

peralatan biakan sel
- inkubator : untuk menjaga suhu saat pembiakan

peralatan analis kimia
- reagen
- alat2 yang dipakai di lab untuk keperluan analis

alat sentrifugasi
ini tu semacam alat, yang dipakai untuk memisahkan senyawa , komponen dari suatu campuran larutan , berdasarkan perbedaan bobot molekul. Alat ini memakai prinsip gaya sentrifugal.


Search

Memuat...
English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Laman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
mahasiswi universitas farmasi,yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers