Selasa, 16 Agustus 2011

postheadericon gelombang otak



Dalam sebuah buku karya mas Erbe Sentanu di bahas tentang gelombang otak pada manusia. Dan sekarang ingin saya bagi pada teman - teman semua. 

 Di zaman yang serba canggih ini, telah ditemukan sebuah alat untuk mengukur gelombang pada otak manusia yang di sebit dengan EEG atau ElektroEnsefalogram. Alat ini dapat mendeteksi gelombang yang memancar dari otak manusia , yang kemudian digolongkan menjadi 4 macam gelombang yaitu, Beta, Alfa, Theta, dan Delta.



 
- Beta ( berkisar pada panjang gelombang 14 - 100 Hz) : dalam frekuensi ini seseorang sedang dalam kondisi terjaga atau sadar penuh dan didominasi oleh logika. Saat seseorang berada pada gelombang otak ini, otak kiri sedang aktiv digunakan untuk berfikir, berkonsentrasi, dan sebagainya, sehingga gelombang meninggi. Gelombang tinggi ini merangsang otak meneluarkan hormon kortisol, dan norepinephrin yang menyebabkan  rasa cemas, khawatir, marah dan stress. Akibat buruknya , beberapa gangguan penyakit mudah datang kalau kita terlalu aktiv di gelombang ini.

Frekuensi gelombang otak
- Alfa ( berkisar pada panjang gelombang 8 - 13,9 Hz) : dalam frekuensi ini seseorang dalam keadaan rileks , melamun, atau berkhayal. kondisi ini merupakan pintu masuk atau akses ke alam bawah sadar manusia ( berarti, kalau mau hipnotis orang harus dalam gelombang ini yah...). Pada gelombang ini , otak bekerja lebih optimal . Balita dan anak - anak gelombang otaknya dalam keadaan Alfa , oleh karena itu mereka mampu menyerap informasi secara cepat, karena informasi yang mereka dapat langsung masuk ke alam bawah sadar mereka . pada kondisi ini otak memproduksi hormon serotonin dan endofrin yang membuat seseorang merasa nyaman , tenang, dan bahagia. Hormon ini meningkatkan imunitas tubuh , melebarkan pembuluh darah, detak jantung stabil, dan kapasitas indra meningkat.

- theta ( berkisar pada panjang gelombang 4 - 7,9 hz) : dalam frekuensi ini seseorang dalam keadaan bermimpi. Pikiran menjadi sangat kreatif dan inspiratif . Seseorang dalam gelombang theta berada dalam kondisi khusuk , relaks, iklas, pikiran sangat hening, muncul intuisi. Itu semua terjadi karena tubuh memproduksi hormon melatonin , cathecolamin , dan AVP (Agrinine Vasopressin ).

- Delta ( berkisap pada panjang gelombang 0,1 - 3,9 Hz) : Frekuensi ini adalah frekuensi terendah dari otak manusia, dipancarkan saat seseorang tertidur pulas  tanpa mimpi, tidak sadar, tidak bisa merasakan badan, dan tidak berfikir. Pada gelombang otak ini tubuh memproduksi HGH ( Human Growth Hormon) yang baik untuk anak -anak yang masih dalam masa pertumbuhan, dan membuat seseorang awet muda ( jadi, kalo mau awet muda jaga kualitas tidur anda ).Bila seseorang tidur dalan keadaan Delta yang stabil, kualitas tidurnya sangat tinggi sehingga  walaupun  hanya sebentar akan bangun dalan keadaan segar. 


Quantum ikhlas, Erbe sentanu, 2002

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers