Jumat, 06 Januari 2012

postheadericon Alasan minyak goreng tidak boleh dipakai lebih dari sekali


 Tahukah anda kenapa minyak goreng yang telah dipakai memasak tidak baik untuk dipakai lagi?
alasannya adalah karena saat pemanasan (dipakai ) untuk kedua atau ketiga kali, struktur asam lemak yang dikandung minyak goreng bisa berubah dan berakibat buruk bagi tubuh kita.

       Di dalam minyak goreng terkandung asam - asam lemak baik yang jenuh ( tidak memiliki ikatan rangkap ) maupun yang tak jenuh ( memiliki ikatan rangkap ).yang bagus untuk tubuh adalah asam lemak tak jenuhnya.Makanya di iklan minyak goreng selalu di sebut - sebut mengandung asam lemak tak jenuh ganda, bla bla. Tapi  asam lemak tak jenuh yang sering dipanaskan apalagi dalam suhu tinggi  dapat memicu terjadinya isomer geometri di sekitar ikatan rangkap pada senyawa asam lemak tak jenuh. 

       Di alam,  konfigurasi di sekitar ikatan rangkap umunya Cis,dan sedikit yang berstruktur trans. Namun dengan pemanasan dapat meningkatkan jumlah asam lemak trans (Trans Fatty Acid / TFA).

         Trus apa sih efeknya asam lemak trans bagi tubuh ? menurut penelitian TFA memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan asam lemak jenuh dan kolesterol dalam menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung koroner.


     

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers