Minggu, 03 Juni 2012

postheadericon penggolongan diuretika

Masih seputar diuretika, artikel kali ini saya membahasa tentang penggolonga diuretika, , baru kali ini sekali publish ampe 3 artikel huehehe,,, dah lama gak nulis artikel sih..

Berdasarkan cara kerjanya  diuretika dibagi atas dua golongan :
 
1. Diuretika kerja umum 

- Diuretika berdaya kerja kuat seperti furosemida, mumetamid, dan asam etakrinat . Diuretik ini bekerja  cepat tetapi singkat, hanya 4- 6 jam saja. kurang lebih 20% dari jumlah ion Na+ dalam filtrat diekskresikan , biasanya digunakan dalam keadaan akut, seperti udema otak atau paru-paru.

- Diuretika berdaya kerja sedang seperti hidrochlorthiazid, klortalidon, klopamid. Zat- zat ini mengekskresikan 5% - 10% ion Na+ dalam tubulus distal bagian depan. Biasanya golongan ini digunakan pada terapi pemeliharaan hipertensi atau udema.

- Diuretika berdaya kerja lemah seperti spironolacton, amilorida, dan triamteren . Zat ini hanya sedikit mengekskresikan ion Na+ di tubulus distal bagian atas.

2. Diuretika kerja khusus

- Diuretika osmotik, seperti manitol, sorbitol gliserol, dan ureum.  Diuretik ini menyebabkan rearbsorbsi yang tidak lengkap , dengan demikian tekanan osmotik ultra filtrat dipertinggi dan kadar Na menurun dalam cairan tubuh.

- Diuretika perintang karbo-anhidrase , seperti asetazolamida. kerjanya dengan merintangi enzim karbo-anhidrase di sel - sel tubulus , sehingga ion HCO3- , Na+, dan K+ diekskresikan bersama air. Biasanya hanya digunakan pada kasus glaukoma yaitu untuk mengurangi produksi cairan di mata. 


0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers