Rabu, 28 November 2012

postheadericon kemoterapeutika

            Assalamua'alaikum,, dipagi hari yang cerah ini saya akan share tentang obat - obat kemoterapi. Mudah - mudahan bermanfaat yah. Bismillah
 
            Kemoterapeutika didefinisikan sebagai obat- obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi akibat mikroorganisme seperti bakteri, fungi, virus,cacing dan protozoa (plasmodium, trichomonas,amuba ,dll). Obat - obat tersebut berkhasiat memusnahkan parasit tanpa merusak jaringan tuan rumah.( tjay, tan hoan Drs. , 2002)
            Kemoterapeutik juga diartikan sebagai obat yang dapat membunuh parasit dan kuman di dalam tubuh tuan rumah, henddaknya obat ini memiliki kegiatan yang sekecil mungkin dan berkhasiat membunuh sebesar mungkin terhadap sebanyak mungkin parasit dan kuman . (jadi inget prinsip ekonomi nih.. )

            Kemoterapeutik ini termasuk pada terapi kausal, yaitu terapi / pemberian obat yang dimaksudkan untuk meniadakan penyebab penyakit. khususnya untuk penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Bila tubuh seseorang terjangkit oleh mikroorganisme yang merugikan  dapat menimbulkan berbagai gangguan fisiologis dalam tubuh( fase ini disebut fase infeksi) , sebenarnya ada baris pertahanan yang dapat mencegah gangguan lebih lanjut yaitu sistem pertahanan tubuh manusia. Namun bila sistem pertahanan tubuh tidak mampu mengatasi penyebab penyakit tersebut maka mikroorganisme tersebut akan terus berkembang dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan yang merugikan bagi tubuh manusia. 

           Obat - obat anti bakteri (kemoerapeutik ) sebenarnya sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu secara empiris, seperti penggunaan Filix Mas dan minyak chenopodi untuk pengobatan cacing, minyak chaulmorga untuk pegobatan lepra. Namun perkembangan kemoteraputik meningkat pesat sejak ditemukannya penisillin oleh Alexander Fleming yang sangat bermanfaat mengobati infeksi pada masa itu. Sejak saat tu banyak dilakukan isolasi berbagai senyawa anti bakteri dari berbagai spesies kapang. Namun dewasa ini senyawa anti bakteri dibuat dengan cara sintetis dari derivat anti bakteri yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk mendapat obat dengan aktivtas lebih baik dan efek samping minimal.

         Yang termasuk dalam obat - obatan kemoterapeutik adalah zat - zat dari golongan :
1. Antbiotika
2. Antimikroba
3. Sulfonamida dan kuinolon
4. Virustatika
5. Tuberklostatika
6. Leprostatik
7. Obat - obat anti-malaria
8. Antelmintika (obat cacing)
9. Sitostatik (obak kanker)
10. Desinfektan dan antiseptik

         Sebenarnya di negara maju , obat - obat anti bakteri sudah jarang digunakan, pertimbangannya adalah resiko resitensi bila pemakaian kurang tepat, selain itu penyakit infeksi di negara maju sudah minimal karena gaya hidup yang sudah higenis. Namun untuk negara bekembang,  obat anti bakter masih banyak dipakai karena tingkat infeksinya yang masih tinggi.


sumber : Tjay, Tan Hoan Drs. dan Drs. Kirana Rahardja . 2002. Obat - Obat Penting. PT elex media : Jakarta.

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers