Selasa, 14 Mei 2013

postheadericon Porfirin

            Assalamu'alaikum, sobat studi farmasi hehe,,,jumpa lagi  sama purwanti yah. Rasanya udah lamaaaaa banget gak posting di studi farmasi. Kali ini saya mau bahas tentang porfirin, ini senyawa baru saya kenal 2 minggu kebelakang (thank's to tugasnya pak adang yang memaksa saya kenalan sama dia hehe.....). Ternyata senyawa porfirin ini lekat sekali dengan kehidupan kita sehari - hari loh.Setelah baca- baca tentang porfirin , kalimat pertama yang ada di benak saya yaitu " oh ternyata........". Mau tau , senyawa apa sih sebenarnya porfirin ini ?, adanya dimana saja? dan gunanya apa sih? yuk langsung simak pembahasan singkat saya.

          Porfirin, namanya berasal dari bahasa yunani "porphyrin" yang artinya ungu. Porfirin merupakan senyawa organik yang alami berada di alam , satu jenis porfirin yang terkenal adalah heme.Porfirin adalah senyawa aromatik besar yang merupakan senyawa heterosiklik karena mengandung atom "N" pada cincin aromatiknya. Porfirin terbentuk dari 4 cincin pirol modifikasi yang saling terikat pada bagian alfa-carbon dengan ikatan methine (=CH-). Cincin porfirin merupakan sebuah sistem konjugasi yang menyebabkan serapan sinar tampak dan memiliki spektrum warna (sesuai dengan arti namanya "ungu").

porfirin

heme












           Porfirin merupakan asam konjugasi dari ligan yang biasanya mengikat logam. Logam yang diikat oleh porfirin kebanyakan merupakan logam yang memiliki bilangan oksidasi 2+ dan 3+ seperti Fe, Co, Mg, Zn, Cu, Au , Ag.Tiap logam yang diikat akan menghasilkan sifat yang berbeda. Porfirin dalam tubuh makhluk hidup biasanya ada di mitokondria atau di sitosol.

           Porfirin yang mengikat logam Fe dikenal sebagai heme, molekul heme yang berikatan dengan protein disebut hemoprotein yang akrab kita kenal adalah hemoglobin dan myoglobin. Hemoglobin berperan dalam proses pengangkutan oksigen  dalam darah.

         Selain heme, senyawa klorofil yang dikenal sebagai zat hijau daun juga ternyata merupakan senyawa porfirin yang mengikat logam Mg. Vitamin B12 atau sianocobalamin merupakan contoh lain senyawa porfirin ( mengikat logam Co).

sumber :en.wikipedia/pofirin
             google picture

        

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers