Senin, 11 Maret 2013

postheadericon Barisan Pengaman Tubuh


         Layaknya sebuah negara, tubuh kita memiliki barisan tentara yang berfungsi mengamankan atau mempertahankan kemerdekaannya dari benda asing yang bersifat mengancam. Tubuh punya jajaran pengaman tubuh yang disebut dengan antibodi atau sistem imun tubuh. Kali ini akan saya perkenalkan anggota di barisan depan sistem pertahanan tubuh kita. Barisan di lini depan ini terdiri dari granulosit yang dibentuk di sumsum tulang belakang dengan kecepatan 8juta/ menit dan hidup selama 2-3 hari. 

       Granulosit dibagi menurut pewarnaa histologik menjadi neutrofil, eosinofil dan basofil serta sel mast. Sel- sel tersebut bersama dengan antibodi dan komplemen berperan dalam mengatasi inflamasi akut. Fungsi utama neutrofil adalah memfagositosis benda asing. Yuk kenalan lebih dekat.


Neutrofil " the soldiers of body"

      Neutrofil adalah sel pertama yang dikerahkan ke tempat masuk dan berkembangnya bakteri di dalam tubuh. Sebagian besar leukosit dalam sirkulasi merupakan neutrofil . Neutrofil biasanya berpatroli dalam sirkulasi darah selama kurang dari 7-10 jam sebelum akhirnya menempati pos di jaringan selama beberapa hari. Butir - butir azurofilik primer (lisosom ) mengandung hidrolase asam, dan neurotransmirase, sedang yang sekunder mengandung laktoferin dan lisozim. Neutrofil memiliki reseptor untuk IgG dan komplemen.

Eosinofil

      Merupakan 2 - 5% bagian dari sel darah putih pada individu sehat tanpa alergi. Eosinofil juga dapat berfungsi sebagai fagosit. Dan juga dapat merangsang degranulasi seperti sel mast dan basofil serta melepaskan mediator. Eosinofil mengandung MBP, ECP, EDN, dan EPO yang bersifat toksik dan bila dilepas dapat menghancurkan sel sasaran. Eosinofil juga berperan dalam imunitas parasit dan memiliki berbagai reseptor antara lain untuk IgE (afinitas lemah) seperti halnya sel mast dengan afinitas kuat. Fungsi utama eosinofil adalah melawan infeksi parasit dan dapat juga memakan kompleks antigen - antibodi.

Basofil dan sel mast

      Jumlah sel basofil dalam sirkulasi darah hanya kurang dari 0,5% dari seluruh jumlah sel darah putih. Basofil juga diduga memiliki fungsi fagosit, tetapi sel ini sudah jelas melepaskan mediator inflamasi. Sel mast adalah sel yang struktur, poliferasi, dan fungsinya mirip dengan basofil. Bedanya sel mast hanya ditemukan di dalam jaringan  yang berhubungan dengan pembuluh darah sedangkan basofil di dalam darah. Baik sel mast maupun basofil melepaskan  bahan- bahan yang mempunyai aktivitas biologik, antara lain meningkatkan permeabilitas vaskular, respon inflamasi, dan mengerutkan otot polos bronkhus. Granul granul didalam kedua sel tersebut mengandung histamin, heparin, leukotrien, dan ECF. Degranulasi dipacu oleh ikatan antara antigen dan IgE pada permukaan sel.  Peningkatan Ige ditemukan pada penderita alergi, di sisi lain peningkatan IgE sering dihubungkan dengan imunitas terhadap parasit.  Basofil dan sel mast yang diaktifkan juga melepaskan sitokinin. Sel mast memiliki reseptro untuk IgE dan dapat diaktiflan oleh alergen yang spesifik. Sel mast juga berperan dalam  pertahanan terhadap parasit usus dan invasi bakteri. Jumlahnya meningkat pada sindrom imunodefisiensi.

sumber : materi : buku imunologi dasar
              gambar : google search

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat..
untuk referensi mungkin bisa coba buka halamna situs yang menurutku membuka wawasan..
http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/eosinofil-tinggi-alergikah

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers