Jumat, 15 Juli 2011

postheadericon Ternyata Primata Juga Mengalami Menstruasi .


Menstruasi adalah peristiwa keluarnya sel telur dari tubuh seorang wanita karena tidah dibuahi. Ditandai dengan keluarnya darah haid  selama 2 – 7 hari, umumnya 5 hari ( tergantung keadaan tubuh masing – masing individu).

Menstruasi bisa diartikan juga sebagai perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.


Siklus Haid ( menstruasi ) berkisar dari 21 – 30 hari,  rata – rata 28 hari. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.

Nah,, ternyata eh ternyata bukan hanya manusia yang mengalami menstruasi loh... kaum betina dari suku primata  juga mengalami menstruasi ( wah makin banyak aja kemiripannya sama manusia nih ).

Suku primata dari yang besar seperti gorila, simpanse, orang utan, monyet sampai primata terkecil seperti tarsius mengalami siklus menstruasi seperti halnya manusia.  Siklus menstruasi orangutan betina terjadi antara 29-32 hari. Menstruasi berlangsung selama 3-4 hari. Masa kehamilan kurang dari 9 bulan. Biasanya melahirkan satu bayi saja dengan berat badan sekitar 1,2 Kg. siklus menstruasi tarsius  sekitar 18-28 hari, dan masa hamil lebih kurang 6 bulan.

orang utan ( primata besar alami menstruasi )



tarsius ( primata kecil, alami menstruasi )


 wah... bisa jadi peluang bisnis yah?? belum ada tuh yang menjual pembalut untuk primata, heheh...


pustaka:
http://haikdepp.blogspot.com/2009/04/primata-terkecil-dunia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi


0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers