Selasa, 06 Maret 2012

postheadericon Senyawa Optis Aktiv

           Senyawa optis aktiv adalah senyawa yang mampu memutar bidang polarisasi cahaya yang terpolarisasi. Senyawa ini tersusun dari molekul asimetri/dissimetri , yaitu molekul memiliki atom carbon asimetri. Carbon asimetri adalah atom yang keempat lengannya memegang 4 unsur yang berbeda, karena tiap unsur yang dipegang memiliki kepolaran yang berbeda-beda menyababkan panjang ikatan dari masing-masing unsur akan berbeda pula. Molekul yang mengandung satu Carbon asimetri adalah molekul dissimetri/ khiral, namun tidak selamanya molekul yang mengandung 2 carbon asimetri adalah molekul khiral.



        Senyawa optis aktiv akan memutar bidang polarisasi dengan sudut alpha, besarnya sudut alpha ini dapat diukur dengan alat yang bernama polarimeter.Senyawa optis aktiv dapat memutar bidang polarisasi cahaya ke kanan, dan kekiri. Senyawa yang memutar bidang polarisasi cahaya ke kanan bisanya diberi huruf D (dari kata dektpro)di depan nama senyawa, atau simbol (+),dan yang memutar bidang polarisasi ke kiri diberi huruf L- (dari kata levo), atau tanda (-).
Contoh . L-glucosa atau D-glucosa, L-carnitine

           Senyawa optis aktiv,memiliki isomer yang disebut isomer optis. jika kedua isomer ini dicampur bisa menyebabkan sifat keoptis-aktivannya lebih nyata, berkurang , atau bahkan hilang sama sekali.

contoh isomer optis (asam tartrat)


    Senyawa no 1 dan no. 2 adalah bayangan cermin , tetapi tidak dapat dihimpitkan. kedua senyawa tersebut adalah isomer satu sama lain. kedua senyawa tersebut dinamakan enantiomer, yaitu senyawa yang sama baik sifat fisika maupun kimia, hanya berbeda putaran optis aktivnya.Senyawa no 1 adalah senyawa L-asam tartrat, dan no 2 adalah D- asam tartrat. Sedangkan senyawa no 3 , meskipun memiliki C asimatris namun molekulnya bukan merupakan molekul asimetris, karena senyawa ini mempunyai bidang simetris ( garis putus-putus).Senyawa yang memiliki C asimetris namun bukan molekul asimetris dinamakan Meso.

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers