Minggu, 03 Juni 2012

postheadericon Ginjal

       Hai kawan,, minggu pagi yang agak mendung ini, saya akan membahas tentang organ filtrasi di tubuh kita. Sebenarnya masih banyak lagi sih fungsinya. Pagi ini yang akan saya bahas adalah Ginjal, si kembar yang tetep kompak menjalankan tugasnya. oke,,tidak usah berlama - lama lagi, lets cekidot.    


       Ginjal adalah organ yang erat hubungannya dengan sistem urinari di tubuh kita. ginjal terletak di dinding posterior abdomen , terutama di daerah lumbal, disebelah kanan dan kiri tulang belakang . Ginjal dibungkus oleh lapisan lemak yang tebal. Letak ginjal sebelah kanan lebih rendah dari yang sebelah kiri karena  di bagian kanan hati menempati lebih banyak ruang karena ukurannya yang super duper besar.

          Setiap ginjal panjangnya 6-7,5 cm, tebal 1,5 - 2,5 cm ,  dengan berat pada orang dewasa + 140 g. Ginjal punya bentuk yang mirip dengan biji  kacang merah, atau kacang buncis, bagian dalamnya menghadap ke tulang punggung, di bagian dalam inilah terdapat hilum yang menjadi tempat masuknya pembuluh darah dari berbagai organ lain ( yang mau masuk ke ginjal tentunya). 

          Ginjal terdiri dari banyak nefron yang merupakan satuan fungsional ginjal. Diperkirankan ada sekitar satu juta nefron di setiap ginjal. Setiap  nefron mulai sebagai berkas kapiler ( badan mlpighi  atau glomelurus) dari sini tubulus berjalan sebagian lurus dan sebagian lagi berkelok- kelok . kelokan pertama dikenal dengan tubukus proksimal kemudian sampai di lengkung henle, kelokan kedua disebut tubulus distal yang terhubung dengan tubulus penampung yang berjalan melintasi korteks  dan medula, dan berakhir di salah satu piramidis. 

fungsi ginjal 

         Seperti yang sudah saya bahas di awal tulisan, fungsi ginjal adalah sebagai saringan yang bertugas memelihara kemurnian darah dengan mengeluarkan zat asing dan sisa metabolisme dalam darah, selain itu ginjal juga berperan dalam menjaga homeostatis tubuh dengan menjaga keseimbangan air, konsentrasi garam dalam darah, kesembangan asam -basa dalam darah, dan ekskresi kelebihan garam dan zat yang tidak terpakai untuk tubuh. 

proses yang terjadi di ginjal adalah filtrasi / penyaringan di glomelurus, reabsorbsi di tubulus , dan sekresi.

1. Filtrasi di glomelurus

Glomelurus adalah saringan , setiap menit + 1 liter darah yang mengandung 500 ccm  plasma mengalir melalui semua glomelurus dan sekitar 100ccm disaring keluar. Plasma yang berisi semua garam , glukosa, dan zat lain disaring , sel dan protein plasma terlalu besar untuk disaring sehingga tetap tinggal di aliran darah.

2. Reabsorbsi 

Filtrat yang telah melewati glomelurus kemudian mengalir melalui tubulus renalis dan sel-selnya menyerap semua bahan yang diperlukan tubuh dan meninggalkan yang tidak diperlukan. Dengan mengatur jumlah zat yang diserap atau ditinggalkan ditubula , sel dapat mengatur susunan urin dan susunan darah. Dalam keadaan normal semua glukosa di absorbsi kembali, air sebagian besar di absorbsi kembali, dan kebanyakan zat buangan di keluarkan .

3. Ekskresi

Zat yang tidak terpakai di keluarkan ke tubulus, untuk selanjutnya diproses menjadi urin .
          


sumber: Pearce, Evelyn C. . Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. 2010 . PT Gramedia : Jakarta

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers