Rabu, 20 Februari 2013

postheadericon Drug targeted ( sasaran obat)

           Manusia dengan kesempurnaan penciptaannya memiliki sestem yang bekerja sepanjang waktu untuk menyokong kelangsungan hidupnya. Jantung yang terus memompa darah, sistem pencernaan, sistem ekskresi, metabolisme, dan masih banyak lagi. Ketika suatu saat terdapat gangguan yang mengganggu fungsi normal tubuh, maka seseorang akan berada pada keadaan sakit. Sebenarnya tubuh memilik fungsi perbaikan tubuh sendiri, ketika terjadi kerusakan kecil pada sel. Namun bila kerusakan tersebut sudah parah, maka diperlukan asupan zat dari luar yang membantu tubuh memperbaiki fungsinya, asupan ini bisa berupa zat yang membunuh bakteri, virus dan penyebab penyakit lain, zat yang mengurangi gejala, suplemen, dll.

         Suatu zat, atau obat dapat menghasilkan efek bila dia sudah sampai pada tempat bekerjanya . Obat harus sampai di tempat kerjanya,berinteraksi, dan bekerja pada sasarannya untuk menghasilkan suatu efek. misal : golongan beta blocker, bekerja pada reseptor beta. Sasaran obat ini adalah hal yang mendasari penemuan obat baru, karena ketika akan membuat obat baru harus ditentukan dulu sasaran  obat tersebut.


      Sasaran obat bisa berupa:
1. Enzym
2.Reseptor
3. Protein pembawa / carrier protein
4. Lipid
5. Karbohidrat
6. Protein struktur
7. Asam nukleat



0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Blog Archive

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Total Tayangan Halaman

studi farmasi. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
purwanti
bandung, jawa barat, Indonesia
Fresh graduate apoteker yang sedang berjuang untuk istiqomah, bercita-cita masuk surga, masih berjuang jadi manusia yang berguna dan selalu lebih baik dari hari kemarin, senang mencoba hal baru.kegiatan ngeblog sebagai sarana berbagi ilmu juga sebagai sarana belajar .suka membaca dan cinta indonesia ^^
Lihat profil lengkapku

Followers